Penyandang Disabilitas Bisa Tersinggung Dengan Hal-Hal Berikut!

Seorang penderita disabilitas mesti hidup dengan tantangan yang lebih besar dari kebanyakan orang. Dengan bermacam-macam tipe kekurangan lahiriah, dia semestinya dapat menjalani kehidupan sehari-hari secara normal, malahan sekiranya dia kesusahan berjalan, mengatur sesuatu, atau pun dalam menjalankan hal-hal simpel lainnya. Untungnya, beberapa besar dari mereka pantang menyerah, dan malahan sudah sukses menjadi orang-orang yang berhasil dalam hidup mereka. Oleh sebab itu, banyak sekali orang-orang yang menghormati mereka. Kecuali itu, kalau anda mau berinteraksi dengan seorang penyandang disabilitas, anda seharusnya mengenal hal-hal yang bisa menyinggung perasaan mereka. Tentu saja beberapa dari mereka tak gampang berang. Melainkan bila anda mau bisa memberikan kesan yang bagus terhadap mereka, anda semestinya menghindari hal-hal yang bisa menyinggung perasaan mereka fasilitas difabel.

Berikut ini ialah hal-hal yang bisa menyinggung perasaan seorang penyandang disabilitas:

Menolongnya secara mendadak tanpa ada komunikasi lebih-lebih dulu

Memang niat anda sangatlah bagus apabila anda mau menolong seorang dengan gangguan pengelihatan untuk menaiki sebuah tangga. Melainkan, hal ini bisa mengagetkannya atau membuatnya tersinggung seandainya anda menolongnya dengan mendadak tanpa mencoba menawarkannya bantuan anda terutama dulu. Kami sarankan anda untuk memandang kondisinya dahulu, apakah dia kesusahan atau tak. Sebab beberapa penderita tuna netra telah berlatih dengan bagus untuk berjalan-jalan menyusuri daerah-daerah yang telah mereka ketahui. Tetapi kalau dia benar-benar kesusahan, barulah anda hampiri ia secara bagus-bagus, dan tawarkanlah bantuan anda. Bila dia mendapatkan, silahkan anda tolong dengan hati-hati. Melainkan, apabila dia menolak, anda tidaklah salah seandainya anda meninggalkannya dan melanjutkan urusan anda.

Memandangi komponen tubuhnya yang tak seperti kebanyakan orang

Sekiranya anda melaksanakan hal ini terhadap seorang penderita disabilitas, tentu anda dapat dianggap tak sopan olehnya. Kami mengerti bila anda merasa penasaran seputar situasi seseorang, dan anda juga mau tahu penyebabnya. Tetapi, memandanginya secara terus menerus sangatlah tak sopan. Sebaiknya anda konsentrasi kepada perbincangan yang menjadi karena mengapa anda menemuninya pada hari itu. Bayangkan saja, orang hal yang demikian dapat saja menjadi mitra bisnis anda. Melainkan, sebab anda tak memberinya kesan yang bagus, ia tak ingin menjadi mitra bisnis anda lagi di masa depan. Oleh sebab itu, perlakukanlah mereka dengan sopan, dan berbicaralah dengan mereka sepantasnya anda berdialog dengan kebanyakan orang tanpa memandangi komponen tubuh mereka yang mempunyai kekurangan jasmani.

Mengundangnya ke sebuah acara tanpa memikirkan kondisinya

Sekiranya anda mau mengundang seorang penderita disabilitas ke sebuah pesta, anda seharusnya memikirkan kondisinya dan keadaan daerah anda mengadakan acara hal yang demikian. Apakah daerah hal yang demikian gampang di jalan masuk dengan para pengguna bangku roda atau alat tolong jalan lainnya? Apakah hal ini terlalu besar sehingga akan menyulitkan seseorang dengan gangguan pengelihatan? Pertimbangkanlah hal-hal seperti itu sehingga seorang penderita disabilitas yang anda undang tak tersinggung, dan dia dapat merasakan acara hal yang demikian dengan bahagia dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *